Surat Perjanjian

Berdasar ketentuan hukum yang berlaku pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, suatu perjanjian dinyatakan sah apabila telah memenuhi 4 syarat komulatif yang terdapat dalam pasal tersebut, yaitu :

1. Adanya kesepakatan para pihak untuk mengikatkan diri. Bahwa semua pihak menyetujui/sepakat mengenai materi yang diperjanjikan, dalam hal ini tidak terdapat unsur paksaan, intimidasi ataupun penipuan.

2. Kecakapan para pihak untuk membuat perjanjian
Kata kecakapan yang dimaksud dalam hal ini adalah bahwa para pihak telah dinyatakan dewasa oleh hukum, (ukuran dewasa sesuai ketentuan KUHPerdata adalah telah berusia 21 tahun; sudah atau pernah menikah), tidak gila, tidak dibawah pengawasan karena perilaku yang tidak stabil dan bukan orang-orang yang dalam undang-undang dilarang membuat suatu perjanjian tertentu.

3. Ada suatu hal tertentu. Bahwa obyek yang diperjanjikan dapat ditentukan dan dapat dilaksanakan oleh para pihak.

4. Adanya suatu sebab yang halal. Suatu sebab dikatakan halal apabila sesuai dengan ketentuan pasal 1337 Kitab Undang-undang Hukum Perdata, yaitu :

• tidak bertentangan dengan ketertiban umum
• tidak bertentangan dengan kesusilaan
• tidak bertentangan dengan Undang-Undang

Perjanjian dibuat berdasarkan Hukum Perdata (Privat) bukan kategori hukum Publik (Pidana). Dalam perjanjian pinjam – meminjam uang apabila debitur terlambat membayar  dikategorikan sebagai wanprestasi karena melanggar perjanjian sebagai UU yang mengikat para pihak (vide pasal 1338 KUHPerdata) atau apabila si Debitur/peminjam terbukti ada kreditur lain, bisa juga dimohonkan pailit.

Materai dalam sebuah surat perjanjian sifatnya tidak menentukan sah – tidaknya surat perjanjian. Apabila surat perjanjian dibuat berdasarkan ketentuan – ketentuan di atas, maka tanpa materai pun surat perjanjian tersebut telah sah menurut hukum.
Perjanjian bisa dipidanakan apabila perjanjian tersebut memang terlarang misal karena isinya berisi perbuatan yg melawan hukum,asusila, ataupun yg menyebabkan persaingan usaha yg tidak sehat.

About these ads

Tag: , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: